RSS
Hai, my true name is Denny Maulana Ardiansyah. A boy who want to be a man that live in Semarang, Central Java, ID. I hope you all feel enjoy with this blog. Let's Blogging!!

Perth, modern karena tambang


Review

Perth adalah ibu kota Negara Bagian Australia Barat, negara bagian terbesar di Australia. Pada Juni 2006, Daerah Metropolitan Perth memiliki populasi sekitar 1.507.900, membuatnya kota terbesar keempat di Australia.
Perth beberapa tahun terakhir ini mengalami perkembangan yang sangat pesat di berbagai bidang. Baik di bidang ekonomi, maupun di bidang sosial. Ini dikarenakan pemasukan kota dari bidang pertambangan yang sangat besar. Majunya pertambangan yang mencapai 70% ini di kembangkan oleh 2 perusahan raksasa yaitu BHP Billiton dan Rio Tinto, juga perusahan minyak Chevron dan Woodside Petrolium.
Hal ini juga membuat berubahnya morfologi kota Perth. Kota Perth awalnya kota yang terisolasi sekarang bermetamorfosis menjadi kota yang modern. Gedung gedung pencakar langit yang menjulang tinggi, toko toko yang menjual barang mahal menjamur, café café atau bar bar kelas atas di pinggir jalan.
Menurut pendapat saya, kemajuan kota Perth ini memang sangat bagus untuk kemajuan kota dibidang ekonomi maupun sosial. Namun hal ini juga harus diimbangi dengan terjaganya budaya asli daerah tersebut. Tidak hanya bangunan bangunan peninggalan sejarah yang dijaga namun juga kebudayaan kebudayaan lain seperti makanan tradisional, dll.
Jadi berkembangnya suatu kota tidak harus selalu dari segi ekonomi maupun sosialnya saja, namun harus diimbangi dengan tetap terjaganya kebudayaan asli daerah tersebut. Karena kota besar yang sesungguhnya adalah kota yang tidak melupakan sejarahnya yang menjadi cikal bakal kota sebelum berkembang seperti sekarang.
Selain budaya tetap terjaga, hal penting lainnya adalah masalah transportasi. Karena jika kota tersebut transportasinya kurang baik, maka mobilitas warganya juga berkurang. Dan hal tersebut dapat menimbulkan dampak negatif yang signifikan bagi berlangsungnya sebuah kota modern.
Jadi sebuah kota dapat dikatakan maju dengan makna sebenarnya apabila kota tersebut tidak hanya menonjol pada suatu bidang saja. Akan tetapi harus berkesinambungan antara bidang satu seperti hal lainnya. Apabila hal tersebut tidak terpenuhi, maka akan muncul berbagai masalah dalam aspek perkotaan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Denny Maulana. All rights reserved.
Free WordPress Themes Presented by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy